Rabu, 12 Desember 2012

Cara Mempertajam Skill Menendang Bola

Cara Mempertajam Skill Menendang Bola

mempertajam-skill-menendang-bola
Ketenangan di sekitar gawang lawan adalah kunci untuk mencetak angka dalam olahraga sepakbola. Anda harus mempertajam skill menendang dan mencegah under pressure ketika berhadapan dengan gawang. Lantas, bagaimana cara mempertajam skill menendang bola? Dua latihan berikut ini akan mengajarkan anda bagaimana cara mengatur tendangan anda berdasarkan posisi lapangan, sehingga dapat mencetak gol dari setiap titik di lapangan.

Menyerang Dari Samping

Aturan: Semua pemain membuat sebuah barisan 10 sampai 15 meter dari mulut gawang dan 5 sampai 10 meter di luar tiang gawang kiri. Pelatih harus tepat di seberang para pemain, berdiri 5 sampai 10 meter di luar tiang gawang kanan dengan beberapa bola.

Action: Pelatih menggelindingkan atau mem-passing bola ke pemain. Satu demi satu, pemain men-dribble bola, sejajar dengan gawang, dan kemudian tendang, arahkan ke gawang. Begitu mereka menendang bola, para pemain langsung kembali ke belakang barisan. Lakukan terus latihan ini sampai semua pemain menendang bola minimal 4 kali. Selanjutnya, ganti sisi yang lain dan mengharuskan para pemain menendang bola menggunakan kaki mereka yang lainnya.

Tips:
  • Ketika bola datang dari samping, tendang bola dengan kura-kura kaki, hampir seperti passing.
  • Dalam latihan ini, bola harus menuju ke sudut gawang. Cara terbaik adalah untuk menendang dari sisi gawang yang sama dimana bola itu datang. (Jika bola datang dari sisi kanan, anda ingin menendang ke sudut kanan.)

Menyerang Dari Depan

Aturan: Line up pemain sekitar 20 meter dari gawang dan lurus tiang gawang kanan. Pelatih berdiri tepat di luar tiang gawang kanan dengan beberapa bola.

Action: Pelatih menggelindingkan atau mem-passing bola ke pemain. Pemain berlari ke arah bola dan menendangnya secara langsung. Ulangi latihan ini sampai setiap pemain melakukan 4 atau 5 kali tendangan. Selanjutnya, pindah barisan ke sisi kiri langsung di depan tiang gawang kiri dan mengharuskan pemain menendang dengan kaki mereka yang lain.

Tips:
  • Jika bola bergerak ke arah anda dan anda bergerak menuju bola tersebut, anda hanya perlu menendangnya setengah keras, maksudnya tidak sekuat tenaga. Itu akan menciptakan kekuatan yang sama yang biasanya anda butuhkan ketika menendang bola dalam keadaan tidak bergerak.
  • Ketika bola datang tepat mengarah ke anda, sangat umum untuk menendang bola yang akhirnya melebar ke atas gawang. Pastikan untuk menjaga lutut anda di atas bola. Atau, anda dapat membenturkan bola dengan punggung kaki, tetapi anda harus memastikan untuk menempatkan bola dengan tepat di sudut gawang.
  • Untuk meningkatkan tingkat kesulitan latihan, tambahkan sedikit lambungan kecil pada bola sebagai ganti menggelindingkannya di atas rumput. Ini akan membuat situasi yang lebih mirip seperti sebuah pertandingan.

Mempraktekkan latihan ini akan mempersiapkan tim anda untuk menghadapi ketidakpastian pertandingan sepakbola. Ketika kesempatan untuk mencetak gol datang, anda akan siap untuk mewujudkannya, terlepas dari posisi lapangan. Itulah sedikit cara untuk mempertajam skill menendang anda yang dapat dijadikan sebagai salah satu sifat dasar dalam sebuah pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar